Selasa, 04 Januari 2011

INFORMASI PROGRAM PBUPD DAN UTUL PBS

Persyaratan Peserta

SYARAT UMUM
  1. Peserta adalah siswa kelas akhir SMA/SMK/MA dalam negeri tahun 2010/2011, dan siswa kelas akhir luar negeri tahun 2010/2011 dan 2009/2010 yang telah selesai proses adaptasi dan transisi.
  2. Nilai kognitif semua mata pelajaran pada rapor mulai semester 1 sampai dengan semester terakhir harus tuntas (di atas SKBM). Bagi siswa kelas akselerasi kriteria tersebut diberlakukan cukup sampai dengan semester 4. Kriteria nilai rapor ini dibuktikan dengan fotokopi rapor yang telah dilegalisasi Kepala Sekolah.
  3. Memenuhi persyaratan kesehatan dan tidak mengalami ketunaan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

SYARAT KHUSUS
  1. Peserta PBUPD
    1. Siswa termasuk dalam 25% terbaik di kelasnya pada semester 5, atau 75% terbaik pada semester 4 bagi siswa kelas akselerasi.
    2. Menyerahkan Surat Kesanggupan Pembiayaan bermeterai dari pihak penyandang dana. Peserta yang diusulkan oleh institusi yang belum dikenal UGM memerlukan minimal 3 rekomendasi, yaitu dari Pemerintah Daerah, Dinas Pendidikan, dan Pengurus Daerah Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA).
  2. Peserta UTUL PBS
    1. Siswa termasuk dalam 25% terbaik di kelasnya pada semester 5, atau 75% terbaik pada semester 4 bagi siswa kelas akselerasi.
    2. Menyerahkan surat kesanggupan pembiayaan bermeterai dari orangtua/wali.

Komponen Biaya Pendidikan

  1. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP): Rp. 500.000,00/semester.
  2. Biaya Operasional Pendidikan (BOP)
    • Program studi kelompok eksakta dan ilmu kesehatan: Rp.75.000,00/SKS/semester.
    • Program studi kelompok non eksakta: Rp. 60.000,00/SKS/semester.
  3. Sumbangan Peningkatan Mutu Akademik (SPMA):
    • Merupakan sumbangan wajib, disesuaikan dengan fakultas/program studi masing-masing (lihat tabel SPMA).
    • Dibayarkan tunai pada saat pertama kali registrasi, dan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.


    NO FAKULTAS/PRODI SPMA (dalam juta rupiah)
    PBUPD PBS
    1. Biologi 25 20
    2. Ekonomika dan Bisnis
    - Ilmu Ekonomi 50 40
    - Manajeman 75 50
    - Akuntansi 75 50
    3. Farmasi 50 40
    4. Filsafat 15 10
    5. Geografi 25 20
    6. Hukum 35 30
    7. Ilmu Budaya 20 16
    8. Ilmu Sosial dan Politik
    - Ilmu Administrasi Negara 50 40
    - Ilmu Hubungan Internasional 50 40
    - Ilmu Komunikasi 50 40
    - Sosiologi 35 30
    - Ilmu Sosiatri 35 30
    - Ilmu Pemerintahan 35 30
    9. Kedokteran
    - Pendidikan Dokter 125 100
    - Ilmu Keperawatan 50 40
    - Gizi Kesehatan 50 40
    10. Kedokteran Gigi
    - Kedokteran Gigi 75 60
    - Ilmu Keperawatan Gigi 40 35
    11. Kedokteran Hewan 25 20
    12. Kehutanan 25 20
    13. MIPA
    - Matematika 25 20
    - Statistika 25 20
    - Ilmu Komputer 50 40
    - Fisika 25 20
    - Geofisika 25 20
    - Elektronika dan Intrumentasi 30 20
    - Kimia 25 20
    14. Pertanian 25 20
    15. Peternakan 25 20
    16. Psikologi 50 40
    17. Teknik
    - Arsitektur 40 35
    - Perencanaan Wilayah dan Kota 35 30
    - Teknik Elektro 50 40
    - Fisika Teknik 35 30
    - Teknik Nuklir 35 30
    - Teknologi Informasi 50 40
    - Teknik Geodesi 35 30
    - Teknik Geologi 35 30
    - Teknik Kimia 50 40
    - Teknik Industri 50 40
    - Teknik Mesin 50 40
    - Teknik Sipil dan Lingkungan 50 40
    18. Teknologi Pertanian 40 30

    • Apabila calon mahasiswa yang telah diterima pada salah satu program studi di UGM mengundurkan diri maka calon mahasiswa tersebut dianggap melepaskan haknya sebagai mahasiswa S-1 UGM selama 3 tahun pada seluruh program studi melalui program seleksi apapun.
    • Semua biaya yang telah dibayarkan ke UGM tidak dapat ditarik kembali. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembayaran calon mahasiswa harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan orangtua/wali.

      Mantapkan hati Anda sebelum bergabung dengan UGM


Prosedur Pendaftaran dan Pengumuman Hasil Seleksi

  1. Peserta PBUPD
    1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 350.000,00 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah) melalui sistem multi - payment Bank Mandiri.
    2. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran (3 Januari s.d. 10 Februari 2011).
    3. Peserta dapat memilih 2 (dua) program studi berdasarkan prioritas.
    4. Mengirimkan/menyerahkan berkas seleksi yang terdiri dari:
      1. Album Panitia yang dicetak peserta setelah mendaftar.
      2. Satu lembar pas foto 4x6 yang terbaru (latar belakang bukan warna merah).
      3. Surat pengantar dari pihak penyandang dana yang menerangkan siswa dicalonkan sebagai peserta PBUPD.*
      4. Surat kesanggupan pembiayaan bermeterai yang telah ditandatangani oleh pimpinan instansi/perusahaan penyandang dana. *
      5. Fotokopi rapor semester 1 s.d. 5 (1 s.d. 4 bagi siswa kelas akselerasi) yang dilegalisasi Kepala Sekolah.
      6. Fotokopi piagam/bukti prestasi (jika ada).
    5. Berkas dimasukan dalam stofmap warna kuning lalu dikirim/diserahkan ke Sekretariat UM UGM, Kantor Pusat UGM, lantai III, sayap selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281.
    6. Berkas diterima paling lambat Senin, 14 Februari 2011.
    7. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2011.
    8. Hasil seleksi final diumumkan Sabtu, 12 Maret 2011 melalui situs http://um.ugm.ac.id.
    9. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.
    10. Peserta yang diterima wajib mengikuti Program Persiapan Sukses Belajar di UGM (matrikulasi).
      Ket. *: Format surat dapat di-
      download di situs http://um.ugm.ac.id

  2. Peserta UTUL PBS
    1. Membayar biaya seleksi sebesar Rp. 200.000,00 (dua ratus ribu rupiah) melalui sistem multi - payment Bank Mandiri.
    2. Login ke situs http://um.ugm.ac.id untuk mengisi formulir pendaftaran (3 Januari s.d. 16 Maret 2011).
    3. Peserta dapat memilih 2 (dua) program studi berdasarkan prioritas.
    4. Mengikuti daftar ulang untuk verifikasi (9 s.d. 16 Maret 2011) di kota yang dipilih untuk TBS dan tes IPD dengan membawa berkas yang terdiri dari:
      1. Kartu Peserta dan Album Panitia yang dicetak peserta setelah mendaftar dan telah dilengkapi pas foto 4x6 berwarna ( background selain merah) . Bagi yang verifikasi non-kolektif, cap jempol kiri dan tandatangan dibubuhkan di hadapan petugas saat verifikasi.
      2. Surat pengantar dari sekolah yang menerangkan siswa dicalonkan sebagai peserta PBS.
      3. Surat kesanggupan pembiayaan bermeterai yang telah ditandatangani oleh orangtua/wali.*
      4. Fotokopi rapor semester 1 s.d. 5 (1 s.d. 4 bagi siswa kelas akselerasi) yang dilegalisasi Kepala Sekolah .
      5. Fotokopi piagam/bukti prestasi (jika ada).
    5. Peserta yang memenuhi syarat administrasi wajib mengikuti TBS dan tes IPD (Minggu, 27 Maret 2011, pukul 7.00 WIB).
    6. Seleksi sepenuhnya dilakukan oleh Panitia UM UGM 2010.
    7. Hasil seleksi diumumkan Sabtu, 16 April 2011 melalui situs http://um.ugm.ac.id.
    8. Keputusan penerimaan adalah final dan tidak dapat diganggu gugat.

      Ket. *: Format surat dapat di-
      download di situs http://um.ugm.ac.id.


Layanan SMS UM UGM 2011

Ketik: UM INFO
Contoh: UM INFO
Kirim ke 9909 (Telkomsel, Indosat, Flexi, XL)


Petunjuk Pembayaran Biaya seleksi Program PBUPD dan UTUL PBS

Pembayaran Biaya Pendaftaran dilakukan melalui sistem multi - payment Bank Mandiri dengan salah satu dari 3 cara berikut:

  1. Melalui ATM Mandiri.
  2. Melalui Internet Banking Mandiri.
  3. Jika cara 1 dan 2 tidak dapat ditempuh, silahkan lakukan pembayaran melalui Kantor Cabang Bank Mandiri terdekat.

Pada bukti pembayaran akan tercantum password untuk login pendaftaran.
Petunjuk pembayaran dapat dilihat di situs http://um.ugm.ac.id.


JADWAL KEGIATAN

Program Pendaftaran Berkas diterima terakhir Daftar ulang Tes tertulis Pengumuman hasil seleksi final
UTUL PBS 3 Jan - 15 Mar - 9 - 16 Mar 27 Maret, 7.00 WIB 16 April
PBUPD 3 Jan - 10 Feb 14 Feb -
- 12 Maret

Ket.
- : Tidak ada kegiatan

Semua program studi di UGM mensyaratkan mahasiswa bebas narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA). Apabila ada mahasiswa UGM yang terbukti terkena NAPZA maka haknya sebagai mahasiswa UGM hilang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar