Selasa, 23 Juni 2009

Program Studi Matematika IPB

Profil Departemen Matematika IPB
Departemen Matematika (saat itu bernama Jurusan Matematika) didirikan pada tanggal 8 Desember 1983 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0546/O/1983, sebagai salah satu Jurusan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Visi Departemen Matematika IPB adalah menjadi lembaga yang reputasinya diakui secara nasional dan internasional, khususnya dalam bidang matematika terapan. Sedangkan Misi Departemen Matematika IPB adalah menjadi suatu institusi pendidikan dan penelitian yang unggul dalam bidang matematika terapan. Keunggulan tersebut harus tercermin pada:
  1. Kemampuan memberikan pendidikan sehingga menghasilkan lulusan yang bermutu dan profesional dalam bidangnya, menjadi pelopor dalam pemecahan berbagai permasalahan dengan penerapan matematika, serta inovatif dalam kemajuan teknologi.
  2. Kegiatan penelitian yang aktif, baik untuk pengembangan matematika maupun dalam penerapannya.
  3. Kegiatan pelayanan kepada masyarakat yang aktif, yang dapat meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap matematika.
Untuk mencapai visi dan misi tersebut, Departemen Matematika IPB memiliki tujuan sebagai berikut:
  1. Menghasilkan sarjana dan pascasarjana matematika yang dapat berpikir sistematis dan logis dalam memecahkan masalah, menguasai konsep-konsep dasar matematika, terampil dalam menggunakan teknik-teknik utama matematika pada berbagai bidang terapan di luar matematika, serta mampu berkomunikasi dan bekerjasama dalam suatu team work,
  2. Melakukan penelitian yang hasilnya relavan dengan kebutuhan masyarakat secara umum,
  3. Membantu masyarakat memecahkan permasalahannya dalam bidang matematika terapan,
  4. Menjadikan Departemen Matematika sebagai lembaga yang profesional, transparan dan akuntabel.

Program Pendidikan


  1. Program Sarjana (S1) dengan Mayor Matematika yang ditawarkan mulai tahun ajaran 1989/1990. Hingga saat ini Departemen Matematika telah meluluskan 440 Sarjana Matematika yang diserap dengan baik oleh pasar tenaga kerja di sektor industri, keuangan, perbankan, pendidikan dan penelitian. Jumlah mahasiswa program sarjana dengan Mayor Matematika saat ini tercatat sebanyak 237 orang.
  2. Program Magister Sains (S2) dengan Mayor Matematika Terapan yang ditawarkan mulai tahun ajaran 2005/2006. Dalam usianya yang relatif muda, Departemen Matematika telah meluluskan 5 orang Magister Matematika Terapan yang siap mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya di institusi/perusahaan masing-masing. Jumlah mahasiswa pascasarjana S2 dengan mayor Matematika Terapan saat ini tercatat sebanyak 102 orang.

Mandat

Departemen Matematika mengemban mandat untuk mengembangkan ilmu matematika yang mencakup konsep dasar, teknik dasar, pemodelan dan komputasi dalam pemecahan masalah secara matematis.


Keunggulan

Dosen tetap Departemen Matematika yang berjumlah 29 orang seluruhnya berkualifikasi S2 atau S3, dengan bidang kepakaran yang beragam, dari matematika murni hingga matematika terapan. Bidang kepakaran dosen tersebut meliputi matematika murni, matematika industri dan riset operasi, matematika keuangan dan pasar modal, matematika aktuaria dan demografi, matematika komputasi, pemodelan stokastik, pemodelan berbagai fenomena dengan persamaan diferensial, dan pemodelan masalah-masalah lingkungan.

Kepakaran dosen tersebut disinergikan dalam lima Bagian (kelompok bidang ilmu) berikut: (1) Matematika Murni, (2) Matematika Komputasi, (3) Riset Operasi, (4), Matematika Ekonomi, Keuangan, dan Aktuaria, serta (5) Pemodelan Matematika.


Kerjasama Institusi

Kerjasama secara garis besar mencakup pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kerjasama dan kemitraan dengan institusi dalam negeri di luar IPB yang seringkali terjadi adalah dalam bidang pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat baik antar lembaga maupun perseorangan.


Susunan Organisasi

Ketua Departemen
: Dr. Berlian Setiawaty, MS.
Sekretaris Departemen
: Dr. Ir. I Wayan Mangku, M.Sc.
Koord. Matematika Tingkat Persiapan Bersama
: Dra. Farida Hanum, M.Sc.
Koord. Magister Matematika Terapan : Dr. Ir. Endar Hasafah Nugrahani, MS.
Kepala Bagian Matematika Murni : Dr. Jaharuddin, MS.
Kepala Bagian Matematika Komputasi
: Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc.
Kepala Bagian Riset Operasi
: Dr. Ir. Amril Aman, M.Sc.
Kepala Bagian Matematika Ekonomi,
Keuangan dan Aktuaria
: Drs. Effendi Syahril, Grad.Dipl.Sc.
Kepala Bagian Pemodelan Matematika
: Dr. Ir. I Wayan Mangku, M.Sc.

Alamat

Departemen Matematika
FMIPA - Institut Pertanian Bogor
Kampus IPB Darmaga, Jl. Meranti
Bogor 16680
Telp/Fax : +62-251-8625276
Email : math@ipb.ac.idAlamat e-mail ini dilindungi dari spambot, anda harus memampukan JavaScript untuk melihatnya
Web : http://math.ipb.ac.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar