Selamat Datang | ||
Buku Teks Pelajaran Murah | ||
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) | ||
Sambutan | ||
![]() Buku-buku teks pelajaran tersebut tersedia di situs Depdiknas yang diberi nama Situs Buku Sekolah Elektronik yang disingkat BSE atau e-Book. Jumlah seluruhnya saat ini ada empat ratus tujuh (407) judul buku dan Insya Allah setiap tahunnya akan bertambah. Buku-buku teks pelajaran ini telah dinilai kelayakan pakainya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan telah ditetapkan sebagai Buku Teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 46 Tahun 2007, Permendiknas Nomor 12 Tahun 2008, Permendiknas Nomor 34 Tahun 2008, dan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2008. Saya menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada para penulis yang telah berdedikasi dalam perwujudan buku teks pelajaran sebagai sumber belajar yang sangat berguna bagi kepentingan peserta didik dalam meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya untuk masa depan bangsa yang gemilang. Buku-buku teks pelajaran yang telah dimiliki hak ciptanya oleh Depdiknas ini dapat digandakan, dicetak, difotokopi, dialihmediakan, dan/atau diperdagangkan oleh perseorangan, kelompok orang, dan/atau badan hukum dalam rangka menjamin akses dan harga buku yang terjangkau oleh masyarakat. Masyarakat dapat pula mengunduh (down load) langsung dari internet jika memiliki perangkat komputer yang tersambung dengan internet, serta menyimpan file buku teks pelajarann tersebut. Untuk penggandaan yang bersifat komersial, harga penjualannya harus memenuhi ketentuan yang ditetapkan oleh Pemerintah. Saya berharap melalui Program Masal Buku Murah ini, buku teks pelajaran lebih mudah diakses sehingga peserta didik dan pendidik di seluruh Indonesia maupun sekolah di luar negeri dapat memanfaatkannya sebagai sumber belajar yang bermutu dan terjangkau. Selamat belajar. Selamat mereguk ilmu, pengetahuan, dan teknologi melalui Buku Teks Pelajaran yang bermutu dan terjangkau. Jakarta, 20 Agustus 2008 Menteri Pendidikan Nasional BAMBANG SUDIBYO | ||
Minggu, 28 Juni 2009
Buku Sekolah Elektronik (BSE)
Rabu, 24 Juni 2009
Abstrak RSS
Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Program Akselerasi Melalui Problem-based Learning
Dianne Amor Kusuma
Unpad
Indonesia
Unpad
Accelerated programme, Problem-Based Learning, Program akselerasi
Program akselerasi adalah suatu program pendidikan yang ditujukan untuk menampung siswa-siswa yang memiliki kemampuan yang unggul, atau memiliki prestasi yang tinggi. Pada program ini siswa-siswa diharapkan dapat lebih mengembangkan potensi yang ada dalam diri mereka. Makalah ini berdasarkan pada eksperimen yang dilakukan di kelas akselerasi Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Baleendah dengan mengimplementasikan Problem-Based Learning. Problem-Based Learning merupakan salah satu pembelajaran yang menganut pandangan konstruktivisme, yang merangsang siswa untuk lebih aktif, mampu berpikir kritis, serta mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dalam dunia nyata. Hasil memperlihatkan bahwa dengan Problem-Based Learning kemampuan matematika siswa di kelas akselerasi menjadi lebih baik dan siswa menjadi lebih aktif.
Accelerated programme is an education programme which stand for collecting students who have extraordinary ability, or high achievement. In this programme students’re hoped to develop more potency which they have inside. This paper based on the experiment that has done in accelerated class of SMPN 1 Baleendah with Problem-Based Learning implementation. Problem-Based Learning is one of learning model which has constructivism concept, that makes students more active, able to think critically, and able to solve kind of problems in the real world. The result shows that Problem-Based Learning could increase student’s mathematical ability at accelerated class and makes students become more active.
Pustaka Terkait
- Tidak ada pustaka terkait
Surat Cinta ala Matematikawan.
Untuk pertama kalinya kulihat kau berdiri tegak lurus lantai
Kulihat alismu yang berbentuk setengah lingkaran dengan diameter 4 cm
Saat itulah kurasakan sesuatu yang lain dari padamu
Kurasakan cinta yang rumit bagaikan invers matriks berordo 5×5
Satu minggu kemudian aku bertemu kau kembali…
Kurasakan cintaku bertambah,
bagaikan deret divergen yang mendekati tak hingga
Limit cintaku bagaikan limit tak hingga
Dan aku semakin yakin,
hukum cinta kita bagaikan
hukum kekekalan trigonometri sin2+cos2 = 1
Kurasakan dunia yang bagaikan kubus ini menjadi milik kita berdua
Dari titik sudut yang berseberangan,
kau dan aku bertemu di perpotongan diagonal ruang
Semakin hari kurasakan cintaku padamu
bagaikan grafik fungsi selalu naik yang tidak memiliki nilai ekstrim.
Hanya ada titik belok horizontal yang akan selalu naik
Kurasakan pula kasihku padamu
bagaikan grafik tangen (90o < x < 270o)
Namun aku bimbang…
Kau bagaikan asimtot yang sulit bahkan tidak mungkin kucapai
Aku bingung bagaikan memecahkan soal sistem persamaan linear
yang mempunyai seribu variabel dan hanya ada 100 persamaan
Bahkan ekspansi baris kolom maupun Gauss Jordan pun tak dapat memecahkannya.
(kaskus.us)
Selasa, 23 Juni 2009
Program Studi Matematika IPB
Departemen Matematika (saat itu bernama Jurusan Matematika) didirikan pada tanggal 8 Desember 1983 berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0546/O/1983, sebagai salah satu Jurusan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Visi Departemen Matematika IPB adalah menjadi lembaga yang reputasinya diakui secara nasional dan internasional, khususnya dalam bidang matematika terapan. Sedangkan Misi Departemen Matematika IPB adalah menjadi suatu institusi pendidikan dan penelitian yang unggul dalam bidang matematika terapan. Keunggulan tersebut harus tercermin pada:
Program Pendidikan
Mandat Departemen Matematika mengemban mandat untuk mengembangkan ilmu matematika yang mencakup konsep dasar, teknik dasar, pemodelan dan komputasi dalam pemecahan masalah secara matematis. Keunggulan Dosen tetap Departemen Matematika yang berjumlah 29 orang seluruhnya berkualifikasi S2 atau S3, dengan bidang kepakaran yang beragam, dari matematika murni hingga matematika terapan. Bidang kepakaran dosen tersebut meliputi matematika murni, matematika industri dan riset operasi, matematika keuangan dan pasar modal, matematika aktuaria dan demografi, matematika komputasi, pemodelan stokastik, pemodelan berbagai fenomena dengan persamaan diferensial, dan pemodelan masalah-masalah lingkungan. Kepakaran dosen tersebut disinergikan dalam lima Bagian (kelompok bidang ilmu) berikut: (1) Matematika Murni, (2) Matematika Komputasi, (3) Riset Operasi, (4), Matematika Ekonomi, Keuangan, dan Aktuaria, serta (5) Pemodelan Matematika. Kerjasama Institusi Kerjasama secara garis besar mencakup pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kerjasama dan kemitraan dengan institusi dalam negeri di luar IPB yang seringkali terjadi adalah dalam bidang pelatihan dan pengabdian kepada masyarakat baik antar lembaga maupun perseorangan. Susunan Organisasi
Departemen Matematika |
Program Studi Matematika UGM
Kompetensi Lulusan Matematika UGM | ![]() | ![]() | ![]() |
Berdasarkan pemikiran di atas, Program Studi Matematika Jurusan Matematika FMIPA UGM mengharapkan lulusannya mempunyai kompetensi dan atribut sebagai berikut.
Berdasarkan Visi, Misi dan Tujuan tersebut, maka standar lulusan Program Studi S1 Matematika Jurusan Matematika FMIPA UGM adalah sarjana yang:
Secara akademik, mempunyai kemampuan:
Ak1. Berfikir deduktif, logis, analitis dan terstruktur dalam menyelesaikan masalah (problem solving).Secara moral, mental, dan sikap:
Ak2. Bekerja pada bidang penelitian/pengembangan, pendidikan, dan bidang-bidang lain yang memerlukan matematika.
Ak3. Bekerja mandiri.
Ak4. Melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.
Ak5. Bekerjasama dengan ahli bidang lain.
M1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, dan sadar atas kepentingan bangsa dan negara.Untuk memenuhi kompetensi lulusan hasil didik tersebut, maka minimal lulusan S1 Program Studi Matematika pada Jurusan Matematika FMIPA – UGM mempunyai:
M2. Berpandangan luas, bersikap terbuka terhadap perubahan dan mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja.
M3. Mempunyai etos kerja (tekun, cermat, ulet dan kreatif), dedikasi dan komitmen tinggi, kepercaya-an diri, kematangan emosi, jujur serta sadar pentingnya belajar sepanjang hayat.
M4. Taat pada norma-norma dan etika yang berlaku.
- Kemampuan dasar analisis, aljabar, statistika matematika dan matematika terapan dengan standar internasional (misalnya diukur dengan buku teks dan silabus yang digunakan)
- Ketrampilan (skill) dalam perhitungan matematika yang baik, secara manual maupun dengan alat bantu komputer
- Kemampuan dalam menerapkan kemampuan dasar dan skill untuk menyelesaikan masalah bidang matematika maupun bidang lain yang berkaitan dengan matematika.
- Kemampuan melaksanakan tugas, baik secara mandiri maupun kelompok, serta membuat dan menyajikan laporannya secara lisan maupun tulisan.
A. Knowledge and understanding :
- Memahami apa (what), mengapa (why) dan bagaimana (how) konsep-konsep dasar dan teorema-teorema di dalam matematika dikembangkan.
- Mempunyai pengetahuan yang baik tentang cara mengidentifikasi masalah (soal) dan menentukan metode yang cocok untuk mencari solusinya.
- Mempunyai pengetahuan yang baik tentang perkembangan matematika dan aplikasinya.
- Mempunyai pemahamam dan pengertian umum atas kaidah riset/ penelitian.
- Mampu berfikir deduktif, induktif, logis, analitis dan terstruktur dan sistematis dalam menyelesaikan masalah.
- Mampu melanjutkan studi lanjut (S2 atau S3) pada bidang Matematika atau bidang lain yang terkait dengan Matematika dan aplikasinya.
- Mempunyai kemampuan intelektual yang cukup untuk beradaptasi dan bekerjasama dengan bidang lain yang terkait.
- Mampu bekerja mandiri, memotivasi diri dan kreatif.
- Mampu membaca masalah yang tersirat, merumuskan masalah, menyelesaikan masalah dengan langkah yang benar, dan menuliskan jawaban dengan baik dan benar.
- Mempunyai ketrampilan yang baik dalam menganalisa data dan perhitungan numeris, baik dengan cara manual maupun berbantuan komputer.
- Mampu merancang dan melakukan penelitian pada bidang yang terkait dengan Matematika, seperti abstraksi, generalisasi, pemodelan dan lain-lain.
- Mampu bekerja pada bidang pendidikan yang terkait dengan Matematika.
Mampu berkomunikasi (mengungkapkan pendapat) secara tertulis dan lisan tentang pengembangan konsep-konsep dan penyelesaian masalah pada bidang matematika dan aplikasinya secara efektif dan benar di dalam proses pembelajaran maupun penelitian.E. Attitude skills:
- Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjiwa Pancasila, dan sadar atas kepentingan bangsa dan negara.
- Mampu berpandangan luas dan bersikap terbuka terhadap perubahan.
- Mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja.
- Mempunyai etos kerja yang tinggi (tekun, cermat, ulet dan kreatif), jujur dan sadar pentingnya belajar sepanjang hayat.
- Mempunyai dedikasi dan komitmen tinggi.
- Mempunyai kepercayaan diri dan kematangan emosi.
- Taat pada norma-norma dan etika yang berlaku.

Program Studi Matematika UNPAD
Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran berdiri pada tahun 1957 sebagai salah satu Jurusan di Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (FIPIA). Sejak berdirinya, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran selalu konsisten untuk menghasilkan para matematikawan yang memiliki keahlian dan kemampuan dalam bidang matematika, hal ini sesuai dengan visi Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran yaitu: ”Komitmen terhadap penguasaan, pengembangan dan penerapan ilmu matematika bagi dukungan terhadap proses belajar-mengajar dan penelitian yang relevan dan bermutu, sejalan dengan dinamika IPTEK dan masyarakat”
Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran menyelenggarakan program pendidikan Jenjang Strata I (S1) atau Sarjana. Lulusan jenjang Strata I Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran akan memperoleh gelar kesarjanaan Sarjana Sains (S.Si). Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran menawarkan 3 (tiga) Bidang Minat, yaitu:
• Bidang Minat Matematika Murni (Analisis dan Aljabar)
• Bidang Minat Matematika Terapan (Matematika Industri dan Lingkungan, dan aktuaria)
• Bidang Minat Ilmu Komputer
Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran saat ini memiliki 48 orang tenaga pengajar (Dosen), terdiri dari 8 orang bergelar Doktor, 32 bergelar Master, sisanya bergelar sarjana, semuanya tersebar ke berbagai bidang keahlian utama, antara laian bidang aljabar, analisis, geometri, riset operasional, komputer, pemodelan matematika dan matematika keuangan.
Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan perkuliahan, praktikum, workshop, kursus, pelatihan dan penelitian, Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran ditunjang oleh fasilitas-fasilitas:
• Laboratorium Komputer Dasar
• Laboratorium Komputer Lanjut
• Laboratorium Matematika Murni
• Laboratorium Matematika Terapan
• Laboratorium Penelitian dan Kerjasama
• Laboratorium Tugas Akhir
• Perpustakaan
Sarjana Matematika dapat berkerja di instansi pemerintah maupun swasta, seperti di BPPT, LIPI, LAPAN, BATAN, BPS, BAPENAS, Departemen Keuangan, Asuransi, perbankan, pasar modal, bisnis, teknologi informasi, konsultan dan lain sebagainya. Lulusan S1 Jurusan Matematika juga dapat melanjutkan pendidikan ke S2 dan S3 Matematika, Matematika Terapan, Pendidikan Matematika, Teknik Industri, Informatika, Ilmu Komputer, Aktuaria.
Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, jurusan Matematika telah menjalin berbagai kerjasama dengan sejumlah pihak, antara lain:
• Kerjasama dengan Direktorat Pembinaan Sekolah Luar Biasa Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdiknas tentang peningkatan mutu pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus (PK/PLK).
• Kerjasama dengan SMPN I Bale Endah tentang penyelenggaraan kegiatan peningkatan kualitas pembelajaran
• Kerjasama dengan ITB, UGM, UI, UNSRI dalam hal magang penelitian
• Kerjasama dengan IndoMS mengadakan Saresehan Ketua Jurusan Matematika.
• Kerjasama dengan Jurusan Matematika Universitas Indonesia mengadakan Seminar Nasional Matematika.
• Kerjasama dengan Universitas Twente Belanda dalam hal program post doktoral
• Kerjasama dengan universitas di Pakistan dalam hal pendidikan lanjutan